Local Area Network
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.
DVB
Pada saat ini dapat dikatakan bahwa seluruh mata rantai broadcasting mulai dari proses produksi hingga ke distribusi televisi telah dilakukan secara digital, namun mata rantai terakhir proses transmisi ke end-user umumnya masih dilakukan secara analog. DVB (Digital Video Broadcast) adalah salah satu sistem yang digunakan untuk mentransmisikan siaran TV digital hingga ke end-user.
Upaya pengembangan DVB sebagai standard global untuk penyiaran televisi digital baik melalui satelit maupun terestrial berawal dari pembentukan DVB Project pada tahun 1993. DVB Project beranggotakan sekitar 250 institusi yang berasal dari 30-an negara dan terdiri dari broadcaster, manufaktur, network operator, badan regulasi dan institusi akademik. Project DVB tidak menjalankan fungsi sebagai regulator melainkan bekerja berdasarkan aspek bisnis dan komersial. Dalam perkembangan selanjutnya Project DVB telah berhasil mengembangkan serangkaian spesifikasi DVB yang tidak terbatas pada video broadcasting namun juga telah merambah hingga ke aplikasi dan layanan multimedia.
Pengembangan DVB
Hasil yang telah dicapai DVB Project berupa berbagai dokumen komprehensif baik yang bersifat teknis maupun non-teknis, menggambarkan solusi yang diperlukan oleh para pemain di pasar untuk mendayagunakan teknologi digital dalam bidang broadcasting. Sejak diterimanya DAVIC (Digital Audio-Visual Council) sebagai badan pusat koordinasi untuk aspek-aspek konvergensi media digital, DVB telah bekerja sama dalam hal menentukan solusi teknis dan operasional dalam pengembangan berbagai media transmisi multimedia. Banyak diantara sistem DVB yang diterima sebagai standard DAVIC. Apa yang dilakukan oleh DVB dan DAVIC telah meluas dari hanya sekedar aspek broadcasting menuju ke arah pengembangan end-to-end interoperability.
Sistem DVB dengan MPEG-2 sebagai inti skema koding video, audio dan data dapat digunakan untuk mengemas semua macam format yang digunakan untuk keperluan multimedia baik berupa teks, citra, grafik, dan berbagai tipe citra bergerak memungkinkan ekstensi multimedia ditambahkan pada saat kemunculannya, namun yang patut diperhatikan adalah bahwa kunci pokok dari DVB adalah 'broadcasting", sehingga fokus dari pengembangan DVB adalah untuk pasar broadcasting komersial. Sistem DVB tergolong teknologi baru bagi vendor, broadcaster maupun network providers. Salah satu kekuatan dari teknologi DVB terletak pada kenyataan bahwa DVB memungkinkan transmisi sejumlah desar data pada kecepatan tinggi secara point-to-multipoint dengan cara yang aman dari kemungkinan kesalahan transmisi. Untuk memungkinkan transmisi data yang dimaksud termasuk kemungkinan pengulangan transmisi data yang sama pada interval waktu yang tetap atau tak tetap maka DVB telah mengembangkan spesifikasi untuk data broadcasting.
Walaupun DVB project telah mencapai tahap kematangannya namun berbagai aktivitas pengembangan terus berlanjut diantaranya, pengembangan solusi DVB untuk membroadcast High Definition TeleVision (HDTV), Spesifikasi untuk Digital Satellite News Gathering (D-SNG), Spesifikasi untuk interface yang akan menghubungkan dunia sinyal DVB dengan jaringan PDH, ATM dan SDH yang dikelola oleh para operator jaringan telekomunikasi.
Jaringan lokal nirkabel
Jaringan lokal nirkabel atau WLAN adalah suatu jaringan area lokal nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media tranmisinya: link terakhir yang digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar. Area dapat berjarak dari ruangan tunggal ke seluruh kampus. Tulang punggung jaringan biasanya menggunakan kable, dengan satu atau lebih titik akses jaringan menyambungkan pengguna nirkabel ke jaringan berkabel.
LAN nirkabel adalah suatu jaringan nirkabel yang menggunakan frekuensi radio untuk komunikasi antara perangkat komputer dan akhirnya titik akses yang merupakan dasar dari transiver radio dua arah yang tipikalnya bekerja di bandwith 2,4 GHz (802.11b, 802.11g) atau 5 GHz (802.11a). Kebanyakan peralatan mempunyai kualifikasi Wi-Fi, IEEE 802.11b atau akomodasi IEEE 802.11g dan menawarkan beberapa level keamanan seperti WEP dan atau WPA.
Kekurangan
Masalah kurangnya keamanan dari hubungan nirkabel telah menjadi topik perdebatan. Sistem keamanan yang digunakan oleh WLAN awalnya adalah WEP, tetapi protokol ini hanya menyediakan keamanan yang minimum dikarenakan kekurangannya yang serius. Pilihan lainnya adalah WPA, SSL, SSH, dan enkripsi piranti lunak lainnya.
Keamanan
Pada jaringan kabel, satu dapat sering, pada beberapa derajat, akses tutup ke jaringan secara fisik. Jarak geografi dari jaringan nirkabel akan secara signifikan lebih besar lebih sering daripada kantor atau rumah yang dilingkupi; tetangga atau pelanggar arbritrary mungkin akan dapat mencium seluruh lalu lintas dan and mendapat akses non-otoritas sumber jaringan internal sebagaimana internet, secara mungkin mengirim spam or melakukan kegiatan illegal menggunakan IP address pemilik, jika keamanan tidak dibuat secara serius.
Beberapa advocate akan melihat seluruh titik akses tersedia secara terbuka available untuk umum, dengan dasar bahwa semua orang akan mendapat manfaat dari mendapat ketika berlalu lintas online.
Wi-Fi
Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.
Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.
Selasa, 15 Desember 2009
Windows Networking dengan UDP dan .NET
Sebagian besar programmer telah melakukan pemrograman berbasis web (http). Pemrograman seperti web services dan juga pemrograman aplikasi web adalah salah contoh pemrograman berbasis http. Protokol HTTP berjalan di atas protokol yang lebih umum (low-level) yakni TCP. Penggunaan TCP dalam jaringan internet adalah yang terbanyak (75%), dilanjutkan dengan UDP (20%), ICMP dan protokol lainnya sebanyak (5%).UDP adalah protokol kedua yang paling banyak digunakan. Aplikasi seperti DNS Resolution, SNMP status, Windows Internet Naming Services (WINS), Trifial FTP (TFT), autentifikasi kerberos , hingga online gaming menggunakan UDP sebagai protokol utama dalam bekerja. UDP memang memberi keuntungan dari sisi efisiensi bandwith, dukungan klien yang lebih banyak, latency yang lebih rendah, serta performa yang tinggi adalah ciri-ciri UDP. Walaupun pengembangan aplikasi UDP dapat dikatakan sederhana, implementasi untuk mencapai keuntungan tersebut memerlukan pemikiran dan desain yang baik.
TCP vs UDP
Kedua teknologi tersebut mengalami revolusi yang berbeda (atau bahkan berlawanan). TCP lahir sebagai sebuah teknologi yang berdasar pada koneksi, menjaga sesi aplikasi, dan menjamin tingkat komunikasi yang handal dan memiliki standarisasi pada tingkat flow control. UDP tidak memiliki kesemua fitur tersebut dan sangat bergantung pada aplikasi untuk menghasilkan sekumpulan fitur yang mencukupi.UDP dapat dikatakan sebagai protokol yang tidak terikat aturan. Pada saat menggunakan UDP kita dapat membuat paket yang kita kirimkan memiliki checksum atau tidak, mengirimkan paket ke satu atau banyak penerima, hingga memilih port komunikasi yang digunakan secara bebas. UDP tidak menjaga sesi koneksi dan paket yang dikirimkan bersifat independen dari satu paket ke paket yang lain sehingga urutan paket yang datang bukanlah sebuah jaminan dari protokol ini. Hal yang menarik dari dukungan sekuritas, UDP tidak menawarkan mekanisme sekuritas secara built-in.
Berdasar pada argumen di atas,dapat dipastikan membuat aplikasi berbasis UDP harus dipikirkan dari segi manfaatnya. Sebagai contohnya UDP akan sangat cocok bila diimplementasikan pada presentasi serentak sebanyak 20 klien.Hal lain yang mungkin menjadi pertimbangan pemilihan antara UDP dan TCP adalah kecepatan. Pada TCP dibutuhkan sekurang kurangnya tiga pertukaran paket. Sebagai contoh komunikasi antara Yogyakarta dan Jakarta membutuhkan tiga paket dan masing-masing adalah 200ms maka dibutuhkan waktu 600ms.Hal ini tentunya menunjukkan bahwa pada suatu waktu (terutama bila paket TCP yang dikirimkan kecil) timbul overhead yang tidak perlu. Hal ini dapat dihindarkan dengan menggunakan UDP. Perbedaan TCP dan UDP adalah urutan paket. Pada aplikasi tertentu urutan paket menjadi penting sebagai contoh aplikasi transfer berkas ,pada kasus tertentu paket yang hilang atau tidak urut tidak terlalu berpengaruh pada aplikasi video streaming yang mendukung frame skipping.Sebuah kesimpulan pada sisi ini adalah TCP memberikan fitur yang lebih dari sisi keamanan, fleksibilitas, dan juga kualitas. Programmer akan mudah melakukan pemrograman TCP terlebih lagi hal-hal detil tentang keamanan telah dicakup juga pada TCP. Sementara pada UDP, hal tersebut tidak ditemukan, UGP unggul dalam suatu keadaan jaringan yang membutuhkan performa tetapi dengan ketahanan yang tidak terlalu tinggi.
Solusi UDP pada Pemrograman
Pada bagian ini,akan membuat contoh sederhana yang mendayagunakan UDP. Bayangkan anda programmer game yang melakukan pemrograman game, anda harus mengirimkan status lokasi setiap pemain.
Informasi yang ada harus dikirimkan dengan format tertentu. Pembentukan format ini disusun dengan bantuan method.
Data yang telah diubah formatnya kemudian dikirimkan. Perlu diingat dalam melakukan transmisi paket adalah serialize dan deserialize. Kode berikut melakukan inisialisasi socket, melakukan serialize pesan yang dikirimkan, serta mengirimkan hasil serialize ke alamat server yang dituju (pada kesempatan ini server yang dituju beralamat 127.0.0.1 yang tak lain adalah komputer
sendEndPoint).Method sendTo melakukan pengiriman data dengan menggunakan socket berjenis UDP.Pengiriman protokol UDP dilakukan tanpa blocking dengan kata lain protokol UDP tidak memiliki flow control dan kewajiban respons setiap paket yang dikirimkan.
Method BeginRecieveFrom yang mendengar pesan masuk secara asinkron dari klien. Penerimaan paket di sisi server,bergantung pada aplikasi yang mendengarkan. Apabila aplikasi server tidak mendengarkan pada port yang digunakan klien ataupun yang sebaliknya maka pesan tidak akan sampai ke tujuan. Sampai tidaknya pesan UDP dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan pada sisi klien tepatnya dengan menangkap eksepsi klien. Pada sisi klien apabila pesan yang dikirimkan tidak sampai pada tujuan maka akan dikembalikan eksepsi dengan kode status 10054 (Connection Reset By Peer)
Bila diperhatikan kode-kode yang telah dibuat tampak jelas bahwa kode dikirimkan dan diterima dengan port UDP yang tidak kita ketahui. Berdasar pada aplikasi pemantauan paket jaringan (netmon.exe) ditemukan bahwa paket dikirim ke sebuah port dengan nomor 54.Ini tentulah tidak fleksibel mengingat kebijakan keamanan di setiap jaringan berbeda beda.Pendekatan yang dapat dilakukan untuk melakukan semacam persetujuan port dan alamat IP yang digunakan adalah dengan mengesetnya di dalam kode atau mengesetnya pada saat runtime.
Pemograman Lanjut UDP
Mengirim posisi pemain pada sebuah aplikasi game. Bergantung pada yang anda bayangkan tentang permainan apa yang kita buat, entah itu game RPG seperti Ragnarok® atau game mobil balap seperti Need for Speed® keduanya merupakan game yang posisi aware. UDP bersifat non-reliable artinya sebuah pesan posisi pemain tidak dapat dipastikan sampai pada server. Mungkin anda berpendapat bahwa toh paket posisi akan senantiasa dikirimkan jadi bila terdapat posisi yang hilang dapat diabaikan karena posisi terbaru juga akan dikirimkan. Prinsip tersebut ada benarnya tetapi bagaimana bila pemain yang bersangkutan itu mengalami kekalahan sehingga secara aturan pemain tersebut tidak memiliki posisi lagi atau keluar dari arena permainan. Hal tersebut tidak dapat diketahui oleh server karena tidak terdapat penanda tentang keadaan demikian. Solusi mengenai hal ini sebenarnya mengikuti pendekatan yang dimiliki oleh TCP yakni ACK (acknowledge). ACK akan membantu klien dalam menentukan apakah server telah menerima paket yang dikirimkan. Dan karena terdapat kemungkinan pula bahwa paket yang dikirimkan terjadi duplikasi ACK juga membantu server untuk mengetahui keidentikan paket dan membuang paket yang ganda. Pada setiap pembaharuan posisi yang dikirimkan maka sebuah ACK direquest dan akan dikirimkan kembali oleh server. Klien akan mengelola ACK dalam suatu daftar tunggu tetapi hanya ACK terakhirlah yang ditunggu (ACK yang lalu diabaikan). Bila waktu respons ACK terlalu lama maka klien dapat mengirimkan kembali paket yang sama dengan ACK yang berbeda. Pada sisi penerima terdapat dua tugas tambahan yang dilaksanakannya yakni mendeteksi duplikasi dan mengirimkan ACK respons.PlayerInfo pada pengembangannya tidak hanya mengirimkan paket tetapi juga nomor urut paket. Paket yang terkirim akan memperbaharui daftar ACK dan juga waktu kirim yang akan bermanfaat pada saat pengiriman ulang paket yang dilakukan tidaklah terlalu kompleks. Bila terjadi terlalu banyak kesalahan dalam pengiriman maka pengirim (klien) mengasumsikan terjadi kesalahan pada koneksi. Pada sisi server hal yang dilakukan adalah mendengar paket masuk dan mendeteksi duplikasi data.
Broadcast dan Multicast
Satu fitur utama dari UDP dibanding TCP adalah kemampuan untuk mengirim sebuah pesan ke banyak penerima. Pengiriman pesan berupa broadcast yaitu pengiriman pesan kesemua host dalam sebuah subnet. Multicasting merupakan pengiriman berkas ke beberapa host yang melakukan registrasi diri ke suatu alamat multicast group. Pada pemrograman konsepnya tentu serupa, klien meregistrasikan diri sebelum mendengar paket-paket yang dikirimkan. Apabila tidak mengetahui alamat dan port server (seperti bila kita bermain game online) maka kebanyakan server melakukan pendekatan dengan mendengarkan komunikasi paket pada alamat yang umum digunakan pada multicast (224.0.0.0 hingga 239.255.255.255). Server akan mendengar request paket, bila ditemukan request maka server akan melakukan respons mengenai akses yang dilakukan klien. Class berikut mengungkapkan suatu template request dan respons. Server mengawali kegiatannya dengan membuka komunikasi socket dan mendengar berbagai request yang masuk Pada saat server menerima request maka server akan memberikan respons terhadap paket data yang dikirimkan oleh klien. Pada keadaan ini server mengungkapkan bahwa komunikasi yang dibutuhkan akan terbentuk dan siap beroperasi.
TCP vs UDP
Kedua teknologi tersebut mengalami revolusi yang berbeda (atau bahkan berlawanan). TCP lahir sebagai sebuah teknologi yang berdasar pada koneksi, menjaga sesi aplikasi, dan menjamin tingkat komunikasi yang handal dan memiliki standarisasi pada tingkat flow control. UDP tidak memiliki kesemua fitur tersebut dan sangat bergantung pada aplikasi untuk menghasilkan sekumpulan fitur yang mencukupi.UDP dapat dikatakan sebagai protokol yang tidak terikat aturan. Pada saat menggunakan UDP kita dapat membuat paket yang kita kirimkan memiliki checksum atau tidak, mengirimkan paket ke satu atau banyak penerima, hingga memilih port komunikasi yang digunakan secara bebas. UDP tidak menjaga sesi koneksi dan paket yang dikirimkan bersifat independen dari satu paket ke paket yang lain sehingga urutan paket yang datang bukanlah sebuah jaminan dari protokol ini. Hal yang menarik dari dukungan sekuritas, UDP tidak menawarkan mekanisme sekuritas secara built-in.
Berdasar pada argumen di atas,dapat dipastikan membuat aplikasi berbasis UDP harus dipikirkan dari segi manfaatnya. Sebagai contohnya UDP akan sangat cocok bila diimplementasikan pada presentasi serentak sebanyak 20 klien.Hal lain yang mungkin menjadi pertimbangan pemilihan antara UDP dan TCP adalah kecepatan. Pada TCP dibutuhkan sekurang kurangnya tiga pertukaran paket. Sebagai contoh komunikasi antara Yogyakarta dan Jakarta membutuhkan tiga paket dan masing-masing adalah 200ms maka dibutuhkan waktu 600ms.Hal ini tentunya menunjukkan bahwa pada suatu waktu (terutama bila paket TCP yang dikirimkan kecil) timbul overhead yang tidak perlu. Hal ini dapat dihindarkan dengan menggunakan UDP. Perbedaan TCP dan UDP adalah urutan paket. Pada aplikasi tertentu urutan paket menjadi penting sebagai contoh aplikasi transfer berkas ,pada kasus tertentu paket yang hilang atau tidak urut tidak terlalu berpengaruh pada aplikasi video streaming yang mendukung frame skipping.Sebuah kesimpulan pada sisi ini adalah TCP memberikan fitur yang lebih dari sisi keamanan, fleksibilitas, dan juga kualitas. Programmer akan mudah melakukan pemrograman TCP terlebih lagi hal-hal detil tentang keamanan telah dicakup juga pada TCP. Sementara pada UDP, hal tersebut tidak ditemukan, UGP unggul dalam suatu keadaan jaringan yang membutuhkan performa tetapi dengan ketahanan yang tidak terlalu tinggi.
Solusi UDP pada Pemrograman
Pada bagian ini,akan membuat contoh sederhana yang mendayagunakan UDP. Bayangkan anda programmer game yang melakukan pemrograman game, anda harus mengirimkan status lokasi setiap pemain.
Informasi yang ada harus dikirimkan dengan format tertentu. Pembentukan format ini disusun dengan bantuan method.
Data yang telah diubah formatnya kemudian dikirimkan. Perlu diingat dalam melakukan transmisi paket adalah serialize dan deserialize. Kode berikut melakukan inisialisasi socket, melakukan serialize pesan yang dikirimkan, serta mengirimkan hasil serialize ke alamat server yang dituju (pada kesempatan ini server yang dituju beralamat 127.0.0.1 yang tak lain adalah komputer
sendEndPoint).Method sendTo melakukan pengiriman data dengan menggunakan socket berjenis UDP.Pengiriman protokol UDP dilakukan tanpa blocking dengan kata lain protokol UDP tidak memiliki flow control dan kewajiban respons setiap paket yang dikirimkan.
Method BeginRecieveFrom yang mendengar pesan masuk secara asinkron dari klien. Penerimaan paket di sisi server,bergantung pada aplikasi yang mendengarkan. Apabila aplikasi server tidak mendengarkan pada port yang digunakan klien ataupun yang sebaliknya maka pesan tidak akan sampai ke tujuan. Sampai tidaknya pesan UDP dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan pada sisi klien tepatnya dengan menangkap eksepsi klien. Pada sisi klien apabila pesan yang dikirimkan tidak sampai pada tujuan maka akan dikembalikan eksepsi dengan kode status 10054 (Connection Reset By Peer)
Bila diperhatikan kode-kode yang telah dibuat tampak jelas bahwa kode dikirimkan dan diterima dengan port UDP yang tidak kita ketahui. Berdasar pada aplikasi pemantauan paket jaringan (netmon.exe) ditemukan bahwa paket dikirim ke sebuah port dengan nomor 54.Ini tentulah tidak fleksibel mengingat kebijakan keamanan di setiap jaringan berbeda beda.Pendekatan yang dapat dilakukan untuk melakukan semacam persetujuan port dan alamat IP yang digunakan adalah dengan mengesetnya di dalam kode atau mengesetnya pada saat runtime.
Pemograman Lanjut UDP
Mengirim posisi pemain pada sebuah aplikasi game. Bergantung pada yang anda bayangkan tentang permainan apa yang kita buat, entah itu game RPG seperti Ragnarok® atau game mobil balap seperti Need for Speed® keduanya merupakan game yang posisi aware. UDP bersifat non-reliable artinya sebuah pesan posisi pemain tidak dapat dipastikan sampai pada server. Mungkin anda berpendapat bahwa toh paket posisi akan senantiasa dikirimkan jadi bila terdapat posisi yang hilang dapat diabaikan karena posisi terbaru juga akan dikirimkan. Prinsip tersebut ada benarnya tetapi bagaimana bila pemain yang bersangkutan itu mengalami kekalahan sehingga secara aturan pemain tersebut tidak memiliki posisi lagi atau keluar dari arena permainan. Hal tersebut tidak dapat diketahui oleh server karena tidak terdapat penanda tentang keadaan demikian. Solusi mengenai hal ini sebenarnya mengikuti pendekatan yang dimiliki oleh TCP yakni ACK (acknowledge). ACK akan membantu klien dalam menentukan apakah server telah menerima paket yang dikirimkan. Dan karena terdapat kemungkinan pula bahwa paket yang dikirimkan terjadi duplikasi ACK juga membantu server untuk mengetahui keidentikan paket dan membuang paket yang ganda. Pada setiap pembaharuan posisi yang dikirimkan maka sebuah ACK direquest dan akan dikirimkan kembali oleh server. Klien akan mengelola ACK dalam suatu daftar tunggu tetapi hanya ACK terakhirlah yang ditunggu (ACK yang lalu diabaikan). Bila waktu respons ACK terlalu lama maka klien dapat mengirimkan kembali paket yang sama dengan ACK yang berbeda. Pada sisi penerima terdapat dua tugas tambahan yang dilaksanakannya yakni mendeteksi duplikasi dan mengirimkan ACK respons.PlayerInfo pada pengembangannya tidak hanya mengirimkan paket tetapi juga nomor urut paket. Paket yang terkirim akan memperbaharui daftar ACK dan juga waktu kirim yang akan bermanfaat pada saat pengiriman ulang paket yang dilakukan tidaklah terlalu kompleks. Bila terjadi terlalu banyak kesalahan dalam pengiriman maka pengirim (klien) mengasumsikan terjadi kesalahan pada koneksi. Pada sisi server hal yang dilakukan adalah mendengar paket masuk dan mendeteksi duplikasi data.
Broadcast dan Multicast
Satu fitur utama dari UDP dibanding TCP adalah kemampuan untuk mengirim sebuah pesan ke banyak penerima. Pengiriman pesan berupa broadcast yaitu pengiriman pesan kesemua host dalam sebuah subnet. Multicasting merupakan pengiriman berkas ke beberapa host yang melakukan registrasi diri ke suatu alamat multicast group. Pada pemrograman konsepnya tentu serupa, klien meregistrasikan diri sebelum mendengar paket-paket yang dikirimkan. Apabila tidak mengetahui alamat dan port server (seperti bila kita bermain game online) maka kebanyakan server melakukan pendekatan dengan mendengarkan komunikasi paket pada alamat yang umum digunakan pada multicast (224.0.0.0 hingga 239.255.255.255). Server akan mendengar request paket, bila ditemukan request maka server akan melakukan respons mengenai akses yang dilakukan klien. Class berikut mengungkapkan suatu template request dan respons. Server mengawali kegiatannya dengan membuka komunikasi socket dan mendengar berbagai request yang masuk Pada saat server menerima request maka server akan memberikan respons terhadap paket data yang dikirimkan oleh klien. Pada keadaan ini server mengungkapkan bahwa komunikasi yang dibutuhkan akan terbentuk dan siap beroperasi.
Pengetahuan....
• VIDEO CARD
API(Application Programing Interface)
Adalah sebuah gabungan perintah dan urutan intruksi yang bias digunakan pengembang software untuk mendesain games atau aplikasi.Dengan adanya standar API ini,pengembang tidak harus menspesifikasikan aplikasi yang dibuatnya berdasar arsitektur hardware tertentu.Intinya,API berfungsi sebagai perantara yang menghubungkan antara pengembang (programmer)dengan hardware.
Core Clock
Nilai frekuensi yang dimiliki chip grafis pada video grafis pada video card.Biasanya semakin besar nilai frekuensi ini,maka semakin tinggi kinerjanya.Nilai ini dinyatakan dalam satuan Hz (Hertz),yang biasa ditambahkan cakupan nilai seperti Mega(jutaan),Giga(milyaran),dan sebagainya.
Direct 3D
Salah satu fungsi API pada Microsoft DirectX.API ini digunakan untuk control terhadap rendering grafis 3D.Contohnya seperti didalam aplikasi game.
D-Sub
Standar output port yang dipakai dari video card ke monitor dengan menggunakan koneksi 15 pin.
DVI-I
Salah satu varian DVI yang dapat dilalui sinyal analog maupun digital.DVI sendiri merupakan konektor yang digunakan pada monitr LCD yang sangat efektif untuk mengurangi nise video saat dilakukan konversi dari digital ke analog dan kembali ke digital lagi.
GPU
Graphic Processing Unit adalah processor yang digunakan pada video card dalam pemrosesan gambar.Ketika bekerja,GPU ditemani serangkaian chip memory,sebagai alokasi data grafis sementara.
• NOTEBOOK
BrightView
Suatu fitur yang biasanya berada pada setting monitor berbentuk LCD.Fitur ini memungkinkan tampilan kontras warna menjadi lebih tajam dan jelas.Masing – masing produsen memiliki istilah sendiri untuk fasilitas yang serupa.
PC Card
Kartu ekspansi yang biasa digunakan pada notebook,sehingga memiliki fungsi-fungsi baru seperti WLAN,Bluetooth,Sound.Terbagi menjadi 3 type,yaitu type1,2,dan 3.Perbedaannya bentuk ketiganya hanya berada pada tingkat ketebalan tiap card.type 1 berketebalan 3,3mm biasanya digunakan sebagai kartu memory.Type 2 berketebalan 5mm biasanya digunakan untuk alat-alat yang berfungsi sebagai I/O,seperti modem,LAN.Untuk type 3 berketebalan 10,5mm biasanya digunakan untuk alat seperti micro drive atau komponen lainnya yang memiliki dimensi ketebalan yang lebih besar.
PCMCIA
Personal Computer Memory Card International Association,adalah sebuah organisasi yang beranggotakan lebih dari 500 perusahaan,dimana telah mengembangkan sebuaah standar untuk kompnen yang berukuran kecil yang biasa disebut PC Card.
SO-DIMM
Smal Outline DIMM merupakan versi lebih kecil dari DIMM standar yang biasanya digunakan pada computer notebook.SO-DIMM terbagi menjad 2 jenis.Jenis 72 pin(32bit)dan jenis 144 pin(untuk memory interface 64bit)
• MOTHERBOARD
CHIPSET
Merupakan potongan-potongan kecil silicon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan intruksi computer.Chip pada motherboard misalnya BX,iB10,iB20,dll.
HSF (Heat Sink Fan)
Sebuah komponen yang dipakai untuk menyerap panas.Biasanya terbuat dari alumunium.Pemakaian fan kepada heatsink guna meningkatkan kinerja pendinginan secara keseluruhan.
IDE (Integrated Drive Electronics)
Sebuah tipe hardware interface yang berguna untuk menghubungkan harddisk,CDROM,dan drive tape pada sebuah PC.
IDE Controller
Salah satu fungsi yang dimiliki chipset pada motherboard,untuk mengatur komunikasi data pada harddisk,CDROM,dan sebagainya serta me-management-nya.
• RAM
Acess Time,Timing
Suatu pengukuran waktu dalam satuan nanoseconds(ns)yang digunakan untuk menunjukkan kecepatan suatu memory.Acess time ini ditentukan saat dimulai pertama kali CPU mengirimkan permintaan data ke memory hingga pada waktu CPU menerima data tersebut.
Bandwith
Merupakan suatu kapasitas maksimal dalam proses memindahkan data didala jaringan elektronik sepertu Bus atau Channel.Lebih singkatnya,yaitu jumlah data maksimal yang dapat dipindahkan didalam satuan waktu tertentu.Biasanya diekspresikan dalam satuan Bit,Byte,atau Hertz.
Buffered
Maksudnya menambahkan komponen lgika tambahan kedalam sebuah SIMM atau DIMM untuk meningkatkan arus keluaran.Ini dilakukan untuk menghindari pengurangan kualitas sinyal data akibat dari proses kapasitansi.
CAS
Column Address Select/Strobe adalah sebuah pin pengontrol yang ada pada sebuah chip DRAM yang digunakan untuk memilih dan mengaktifkan alamat-alamat kolom pada memory.
EPP
Enhanced Performance Profiles adalah sebuah teknologi profil memory PC yang dikembakangkan oleh nVIDIA.Teknologi ini utamanya didesain agar membuat process overclocking menjadi lebih mudah.Tenologi ini mulai dikenalkan pad chipset nForce5,nForce6,dan nForce7.
• MONITOR
CRT
Cathode Ray Tube,jenis monitor yang menggunakan tabung besar sebagai display yang biasanya anda temukan pada unit TV konvensional.
LCD
Liquid Crystal Display,jenis monitor terbaru yang menggunakan bahan cairan kristal dalam membentuk penampang display di monitor.
TFT
Thin Film Transistor,suatu type teknologi dari monitor LCD dimana tiap pixel terhubung langsung dengan komponen transistor.
Pixel
Picture Element,dimana merupakan elemen terkecil yang membentuk gambar dalam suatu monitor.
Colours
Menunjukkan berapa banyak warna yang dapat ditampilkan oleh sebuah monitor.Sampai sekarang kemampuan monitor dapat menghadirkan resolusi hingga 16,7 milyar warna.
Dithering
Adalah salah satu teknik dari program computer untuk memprediksi suatu warna tertentu berdasar dari pencampuran warna – warna lainnya,ketika warna yang dimaksudkan tidak ada.
Response Time
Waktu reaksi terhadap interaksi yang merubah konten grafis di monitor.
API(Application Programing Interface)
Adalah sebuah gabungan perintah dan urutan intruksi yang bias digunakan pengembang software untuk mendesain games atau aplikasi.Dengan adanya standar API ini,pengembang tidak harus menspesifikasikan aplikasi yang dibuatnya berdasar arsitektur hardware tertentu.Intinya,API berfungsi sebagai perantara yang menghubungkan antara pengembang (programmer)dengan hardware.
Core Clock
Nilai frekuensi yang dimiliki chip grafis pada video grafis pada video card.Biasanya semakin besar nilai frekuensi ini,maka semakin tinggi kinerjanya.Nilai ini dinyatakan dalam satuan Hz (Hertz),yang biasa ditambahkan cakupan nilai seperti Mega(jutaan),Giga(milyaran),dan sebagainya.
Direct 3D
Salah satu fungsi API pada Microsoft DirectX.API ini digunakan untuk control terhadap rendering grafis 3D.Contohnya seperti didalam aplikasi game.
D-Sub
Standar output port yang dipakai dari video card ke monitor dengan menggunakan koneksi 15 pin.
DVI-I
Salah satu varian DVI yang dapat dilalui sinyal analog maupun digital.DVI sendiri merupakan konektor yang digunakan pada monitr LCD yang sangat efektif untuk mengurangi nise video saat dilakukan konversi dari digital ke analog dan kembali ke digital lagi.
GPU
Graphic Processing Unit adalah processor yang digunakan pada video card dalam pemrosesan gambar.Ketika bekerja,GPU ditemani serangkaian chip memory,sebagai alokasi data grafis sementara.
• NOTEBOOK
BrightView
Suatu fitur yang biasanya berada pada setting monitor berbentuk LCD.Fitur ini memungkinkan tampilan kontras warna menjadi lebih tajam dan jelas.Masing – masing produsen memiliki istilah sendiri untuk fasilitas yang serupa.
PC Card
Kartu ekspansi yang biasa digunakan pada notebook,sehingga memiliki fungsi-fungsi baru seperti WLAN,Bluetooth,Sound.Terbagi menjadi 3 type,yaitu type1,2,dan 3.Perbedaannya bentuk ketiganya hanya berada pada tingkat ketebalan tiap card.type 1 berketebalan 3,3mm biasanya digunakan sebagai kartu memory.Type 2 berketebalan 5mm biasanya digunakan untuk alat-alat yang berfungsi sebagai I/O,seperti modem,LAN.Untuk type 3 berketebalan 10,5mm biasanya digunakan untuk alat seperti micro drive atau komponen lainnya yang memiliki dimensi ketebalan yang lebih besar.
PCMCIA
Personal Computer Memory Card International Association,adalah sebuah organisasi yang beranggotakan lebih dari 500 perusahaan,dimana telah mengembangkan sebuaah standar untuk kompnen yang berukuran kecil yang biasa disebut PC Card.
SO-DIMM
Smal Outline DIMM merupakan versi lebih kecil dari DIMM standar yang biasanya digunakan pada computer notebook.SO-DIMM terbagi menjad 2 jenis.Jenis 72 pin(32bit)dan jenis 144 pin(untuk memory interface 64bit)
• MOTHERBOARD
CHIPSET
Merupakan potongan-potongan kecil silicon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan intruksi computer.Chip pada motherboard misalnya BX,iB10,iB20,dll.
HSF (Heat Sink Fan)
Sebuah komponen yang dipakai untuk menyerap panas.Biasanya terbuat dari alumunium.Pemakaian fan kepada heatsink guna meningkatkan kinerja pendinginan secara keseluruhan.
IDE (Integrated Drive Electronics)
Sebuah tipe hardware interface yang berguna untuk menghubungkan harddisk,CDROM,dan drive tape pada sebuah PC.
IDE Controller
Salah satu fungsi yang dimiliki chipset pada motherboard,untuk mengatur komunikasi data pada harddisk,CDROM,dan sebagainya serta me-management-nya.
• RAM
Acess Time,Timing
Suatu pengukuran waktu dalam satuan nanoseconds(ns)yang digunakan untuk menunjukkan kecepatan suatu memory.Acess time ini ditentukan saat dimulai pertama kali CPU mengirimkan permintaan data ke memory hingga pada waktu CPU menerima data tersebut.
Bandwith
Merupakan suatu kapasitas maksimal dalam proses memindahkan data didala jaringan elektronik sepertu Bus atau Channel.Lebih singkatnya,yaitu jumlah data maksimal yang dapat dipindahkan didalam satuan waktu tertentu.Biasanya diekspresikan dalam satuan Bit,Byte,atau Hertz.
Buffered
Maksudnya menambahkan komponen lgika tambahan kedalam sebuah SIMM atau DIMM untuk meningkatkan arus keluaran.Ini dilakukan untuk menghindari pengurangan kualitas sinyal data akibat dari proses kapasitansi.
CAS
Column Address Select/Strobe adalah sebuah pin pengontrol yang ada pada sebuah chip DRAM yang digunakan untuk memilih dan mengaktifkan alamat-alamat kolom pada memory.
EPP
Enhanced Performance Profiles adalah sebuah teknologi profil memory PC yang dikembakangkan oleh nVIDIA.Teknologi ini utamanya didesain agar membuat process overclocking menjadi lebih mudah.Tenologi ini mulai dikenalkan pad chipset nForce5,nForce6,dan nForce7.
• MONITOR
CRT
Cathode Ray Tube,jenis monitor yang menggunakan tabung besar sebagai display yang biasanya anda temukan pada unit TV konvensional.
LCD
Liquid Crystal Display,jenis monitor terbaru yang menggunakan bahan cairan kristal dalam membentuk penampang display di monitor.
TFT
Thin Film Transistor,suatu type teknologi dari monitor LCD dimana tiap pixel terhubung langsung dengan komponen transistor.
Pixel
Picture Element,dimana merupakan elemen terkecil yang membentuk gambar dalam suatu monitor.
Colours
Menunjukkan berapa banyak warna yang dapat ditampilkan oleh sebuah monitor.Sampai sekarang kemampuan monitor dapat menghadirkan resolusi hingga 16,7 milyar warna.
Dithering
Adalah salah satu teknik dari program computer untuk memprediksi suatu warna tertentu berdasar dari pencampuran warna – warna lainnya,ketika warna yang dimaksudkan tidak ada.
Response Time
Waktu reaksi terhadap interaksi yang merubah konten grafis di monitor.
Antara Logika dan pengetahuan
JANGAN MENGALIKAN TETAPI MENJUMLAHKAN
Jika ada 4 anak,misalkan A,B,C dan D.A,B,dan C masing – masing memiliki uang 1000,sedangkan Dtidak memiliki uang.Uang dari ketiga anak tersebut dikumpulkan untuk membeli sebungkus roti.Karena D tidak memiliki uang,maka D disuruh untuk pergi membeli rokok.
Ternyata harga satu bungkus roti 2500.Ini berarti uang kembaliannya 500,dan uang 500 tersebut akan dikembalikan kepada A,B,dan C.Masing – masing anak mendapatkan 100.Ini berarti uang terakhir yang masih tersisa adalah 200,dan dipegang oleh D.Nah,jika kita melakukan perhitungan bahwa pada awalnya setiap anakmemberikan 1000,berarti uang yang terkumpul adalah 3000.Karena uang dikembalikan masing – masing 100,berarti tiap anak memberikan 900.Jika dikalikan (3 x 900),uang yang terkumpul seharusnya adalah 2700;dan uang yang masih tersisa 300 (3000-2700),sedangkan uang yang masih dipegang oleh D adalah 200,kemudian kemana uang 100 lainnya?
Disini kita tidak dapat menggunakan teknik perkalian maupun logika karena bagaimanapun juga permasalahan seperti ini tidak dapat diselesaikan secara logika dan perkalian.Jawaban dari kasus tersebut bukan dengan cara mengalikannya tetapi menjumlahkan uang yang telah dipakai (2500),uang yang dikembalikan (300),dan uang yang masih tersisa (200).Jadi,tidak selamanya kita harus menggunakan logika untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
SO,,,JANGAN PERPIKIR PENDEK TENTANG LOGIKA!!!
Jika ada 4 anak,misalkan A,B,C dan D.A,B,dan C masing – masing memiliki uang 1000,sedangkan Dtidak memiliki uang.Uang dari ketiga anak tersebut dikumpulkan untuk membeli sebungkus roti.Karena D tidak memiliki uang,maka D disuruh untuk pergi membeli rokok.
Ternyata harga satu bungkus roti 2500.Ini berarti uang kembaliannya 500,dan uang 500 tersebut akan dikembalikan kepada A,B,dan C.Masing – masing anak mendapatkan 100.Ini berarti uang terakhir yang masih tersisa adalah 200,dan dipegang oleh D.Nah,jika kita melakukan perhitungan bahwa pada awalnya setiap anakmemberikan 1000,berarti uang yang terkumpul adalah 3000.Karena uang dikembalikan masing – masing 100,berarti tiap anak memberikan 900.Jika dikalikan (3 x 900),uang yang terkumpul seharusnya adalah 2700;dan uang yang masih tersisa 300 (3000-2700),sedangkan uang yang masih dipegang oleh D adalah 200,kemudian kemana uang 100 lainnya?
Disini kita tidak dapat menggunakan teknik perkalian maupun logika karena bagaimanapun juga permasalahan seperti ini tidak dapat diselesaikan secara logika dan perkalian.Jawaban dari kasus tersebut bukan dengan cara mengalikannya tetapi menjumlahkan uang yang telah dipakai (2500),uang yang dikembalikan (300),dan uang yang masih tersisa (200).Jadi,tidak selamanya kita harus menggunakan logika untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
SO,,,JANGAN PERPIKIR PENDEK TENTANG LOGIKA!!!
cerpen ke 2
4 TAHUN ARI MENUNGGU
4 Tahun yang lalu kira-kira bulan Juni – Juli, aku mempunyai kenalan yang bernama Dhoni. Waktu itu aku akan baru saja duduk dikelas 6 SD. Sedangkan Dhoni sedang mendaftar SMP karena dia pindahan dari Jakarta. Sebenarnya Dhoni berasal dari Jogja, namun karena suatu keadaan Dhoni dan keluarganya pindah ke Jakarta Ketika Dhoni masih kecil, dan akhirnya sekarang kembali lagi ke Jogja dan bersekolah disalah satu SMP di Sleman.
Aku mengenal Dhoni saat sedang mendaftarkan SMP maklum SMP Dhoni dan SD ku berhadap – hadapkan sehingga aku melihatnya Aku memandanginya dan tanpa kusadari diapun juga memandangiku. Aku sangat sedikit GR dan akhirnya jadi salting.
Aku kenal seorang Dhoni lewat temanku dan teman Dhoni yang sekaligus aku juga mengenalnya. Aku sering menanyakan tentang Dhoni pada teman satu kelasku yang sekaligus dia adalah teman Dhoni satu kampung dan rumahnya pun berdekatan.
Tak beberapa lama, aku mendapatkan biodata Dhoni dengan tulisan tangan Dhoni sendiri. Hatiku sangat bahagia, setiap saat tulisan itu aku baca sambil membayangkan wajah Dhoni yang manis dengan rambut hitamnya belah diatas alis kanannya dan setegapan ketika berjalan. Sungguh sangat sempurna seorang Dhoni. Sehingga tak heran bila cewek – cewek satu kelasnya menyukai dia dan ingin menjadi pacarnya. Dhoni oragnya pendiam dia tidak terlalu memikirkan seorang cewek, baginya cewek yang dekat dengan dia hanyalah seorang sahabat.
Aku pernah bercerita tentang perasaanku ke Dhoni dan juga ketemanku yang sekaligus juga teman Dhoni satu kampung. Mungkin karena kepolosan atau karena aku bukan pilihan hatinya, Dhoni tidak menjawabnya. Dia hanya tersenyum, mendengar semua cerita cinta itu.
Sekitar 1 tahun aku tidak bertemu dengan Dhoni karena jarak memisahkan. Sekarang aku duduk di kelas 1 SMP sedangkan Dhoni dikelas II SMP. Selama 1 tahun aku hanya bisa mendengar cerita-cerita tentang Dhoni lewat teman satu angkatanku yang rumahnya disebelah selatan rumah Dhoni. Aku sering pulang bersamanya. Dia bersama Febi. Tak ku sangka teman Febi juga menyukai Dhoni. Hal itu membuat hatiku menjadi gelisah. Pernah ada suatu kejadian kakak dari teman febi berbicara melarangku untuk berhubungan dengan Dhoni karena Dhoni sudah menjadi milik adiknya. Hal itu sangat membuat hatiku menjadi sakit. Mulai dari kejadian itu aku mulai menghindari Dhoni.
Yah, beberapa bulan telah kulewati tanpa membayangkan dan mendengar cerita–cerita Dhoni dari siapapun.
Disaat aku tidak berhubungan dengan Dhoni, aku mencoba menjalin cinta dengan beberapa cowok. Namun, hal itu tidak berjalan dengan apa yang aku harapkan. Aku berharap dengan aku menjalin hubungan dengan orang lain, maka aku dapat melupakan Dhoni. Harapan itu hanya sia-sia, semakin lama aku tidak bertemu denagn Dhoni, semakin besar pula kerinduan yang terpendam.
Tak ku duga ada temanku waktu SD dan sekarang satu SMP denganku menanyakan apakah aku masih ingat dengan Dhoni atau tidak. Setelah berbincang-bincang ternyata selama ini Dhoni tidak pernah menjadi milik teman Febi. Saat aku mulai ingin meninggalkannya, aku diberi alamat e-mailnya Dhoni.
Dengan tergesa-gesa aku menuju ke warnet untuk membuka e-mailku dan mengirim e-mail ke Dhoni. Sehari setelah itu, aku membuka e-mailku dan aku sangat bahagia ternyata Dhoni membalas e-mailku. Ternyata dia masih mengingatku. Aku juga menanyakan apakah dia masih ingat dengan perasaanku atau tidak. Dia menjawab masih mengingatnya dan akan memberi tahu perasaannya setelah aku mempunyai FB.
Beberapa kali aku mencoba mndaftar FB namun belum berhasil juga.
Pada tanggal 5 juli 2009 aku menghubungi Dhoni dan memintanya untuk menemani sekaligus membuatkan aku FB. Tanpa ku sangka ± 5 menit kemudian. Dhoni datang bersama temannya, dia adalah kakak kelasku waktu SD dulu. Dhoni langsung duduk didekatku sedangkan temannya ada dibilik sebelah. Saat aku berada diwarnet els be neth nomor 2.
Tak beberpa lama FB ku pun jadi. Saat itu pula Dhoni menyatakan kalau sebenarnya dia juga mempunyai rasa yang sama.
Aku sedikit tidak percaya dengan apa yang dikatakan Dhoni. Namun Dhoni mencoba menyakinkan dan akhirnya aku percaya dan pada saat itu pula (pukul 12.00) aku resmi menjadi seseorang yang ada dihati Dhoni. Aku sangat bahagia dengan Kejutan Dhoni.
Tak kalah senangnya aku mambuka situs PSB online, namaku tercantum di urutan ke 4 jurusan TI di Salah satu SMK di Yogyakarta.
Entah apa yang terjadi suatu keajaiban suatu takdir Tuhan, Aku menunggu Dhoni sekitar 4 tahunan dari tahun 2005 – sampai 2009. Aku lulus SMP dengan peringkat 4 satu sekolah dan sekarang aku memasuki SMK juga dengan urutan 4. Namun aku jadian bukan tanggal 4 melainkan satu hari setelahnya yaitu tanggal 5 dan pada bulan 29 – 20 - 2 yaitu bulan ketujuh ( juli) dan tahunnya 5 x 4 = 20, 5 + 4 = 09 Jadi tahunya 2009 dan pada saat menulis ini tepat 4 bulan aku jadian.
4 Tahun yang lalu kira-kira bulan Juni – Juli, aku mempunyai kenalan yang bernama Dhoni. Waktu itu aku akan baru saja duduk dikelas 6 SD. Sedangkan Dhoni sedang mendaftar SMP karena dia pindahan dari Jakarta. Sebenarnya Dhoni berasal dari Jogja, namun karena suatu keadaan Dhoni dan keluarganya pindah ke Jakarta Ketika Dhoni masih kecil, dan akhirnya sekarang kembali lagi ke Jogja dan bersekolah disalah satu SMP di Sleman.
Aku mengenal Dhoni saat sedang mendaftarkan SMP maklum SMP Dhoni dan SD ku berhadap – hadapkan sehingga aku melihatnya Aku memandanginya dan tanpa kusadari diapun juga memandangiku. Aku sangat sedikit GR dan akhirnya jadi salting.
Aku kenal seorang Dhoni lewat temanku dan teman Dhoni yang sekaligus aku juga mengenalnya. Aku sering menanyakan tentang Dhoni pada teman satu kelasku yang sekaligus dia adalah teman Dhoni satu kampung dan rumahnya pun berdekatan.
Tak beberapa lama, aku mendapatkan biodata Dhoni dengan tulisan tangan Dhoni sendiri. Hatiku sangat bahagia, setiap saat tulisan itu aku baca sambil membayangkan wajah Dhoni yang manis dengan rambut hitamnya belah diatas alis kanannya dan setegapan ketika berjalan. Sungguh sangat sempurna seorang Dhoni. Sehingga tak heran bila cewek – cewek satu kelasnya menyukai dia dan ingin menjadi pacarnya. Dhoni oragnya pendiam dia tidak terlalu memikirkan seorang cewek, baginya cewek yang dekat dengan dia hanyalah seorang sahabat.
Aku pernah bercerita tentang perasaanku ke Dhoni dan juga ketemanku yang sekaligus juga teman Dhoni satu kampung. Mungkin karena kepolosan atau karena aku bukan pilihan hatinya, Dhoni tidak menjawabnya. Dia hanya tersenyum, mendengar semua cerita cinta itu.
Sekitar 1 tahun aku tidak bertemu dengan Dhoni karena jarak memisahkan. Sekarang aku duduk di kelas 1 SMP sedangkan Dhoni dikelas II SMP. Selama 1 tahun aku hanya bisa mendengar cerita-cerita tentang Dhoni lewat teman satu angkatanku yang rumahnya disebelah selatan rumah Dhoni. Aku sering pulang bersamanya. Dia bersama Febi. Tak ku sangka teman Febi juga menyukai Dhoni. Hal itu membuat hatiku menjadi gelisah. Pernah ada suatu kejadian kakak dari teman febi berbicara melarangku untuk berhubungan dengan Dhoni karena Dhoni sudah menjadi milik adiknya. Hal itu sangat membuat hatiku menjadi sakit. Mulai dari kejadian itu aku mulai menghindari Dhoni.
Yah, beberapa bulan telah kulewati tanpa membayangkan dan mendengar cerita–cerita Dhoni dari siapapun.
Disaat aku tidak berhubungan dengan Dhoni, aku mencoba menjalin cinta dengan beberapa cowok. Namun, hal itu tidak berjalan dengan apa yang aku harapkan. Aku berharap dengan aku menjalin hubungan dengan orang lain, maka aku dapat melupakan Dhoni. Harapan itu hanya sia-sia, semakin lama aku tidak bertemu denagn Dhoni, semakin besar pula kerinduan yang terpendam.
Tak ku duga ada temanku waktu SD dan sekarang satu SMP denganku menanyakan apakah aku masih ingat dengan Dhoni atau tidak. Setelah berbincang-bincang ternyata selama ini Dhoni tidak pernah menjadi milik teman Febi. Saat aku mulai ingin meninggalkannya, aku diberi alamat e-mailnya Dhoni.
Dengan tergesa-gesa aku menuju ke warnet untuk membuka e-mailku dan mengirim e-mail ke Dhoni. Sehari setelah itu, aku membuka e-mailku dan aku sangat bahagia ternyata Dhoni membalas e-mailku. Ternyata dia masih mengingatku. Aku juga menanyakan apakah dia masih ingat dengan perasaanku atau tidak. Dia menjawab masih mengingatnya dan akan memberi tahu perasaannya setelah aku mempunyai FB.
Beberapa kali aku mencoba mndaftar FB namun belum berhasil juga.
Pada tanggal 5 juli 2009 aku menghubungi Dhoni dan memintanya untuk menemani sekaligus membuatkan aku FB. Tanpa ku sangka ± 5 menit kemudian. Dhoni datang bersama temannya, dia adalah kakak kelasku waktu SD dulu. Dhoni langsung duduk didekatku sedangkan temannya ada dibilik sebelah. Saat aku berada diwarnet els be neth nomor 2.
Tak beberpa lama FB ku pun jadi. Saat itu pula Dhoni menyatakan kalau sebenarnya dia juga mempunyai rasa yang sama.
Aku sedikit tidak percaya dengan apa yang dikatakan Dhoni. Namun Dhoni mencoba menyakinkan dan akhirnya aku percaya dan pada saat itu pula (pukul 12.00) aku resmi menjadi seseorang yang ada dihati Dhoni. Aku sangat bahagia dengan Kejutan Dhoni.
Tak kalah senangnya aku mambuka situs PSB online, namaku tercantum di urutan ke 4 jurusan TI di Salah satu SMK di Yogyakarta.
Entah apa yang terjadi suatu keajaiban suatu takdir Tuhan, Aku menunggu Dhoni sekitar 4 tahunan dari tahun 2005 – sampai 2009. Aku lulus SMP dengan peringkat 4 satu sekolah dan sekarang aku memasuki SMK juga dengan urutan 4. Namun aku jadian bukan tanggal 4 melainkan satu hari setelahnya yaitu tanggal 5 dan pada bulan 29 – 20 - 2 yaitu bulan ketujuh ( juli) dan tahunnya 5 x 4 = 20, 5 + 4 = 09 Jadi tahunya 2009 dan pada saat menulis ini tepat 4 bulan aku jadian.
Senin, 14 Desember 2009
cerpen
“JANUARI”
Berat bebanku
Meninggalkanmu
Separuh nafas jiwaku sirna
Bukan salahmu
Apa dayaku
Mungkin benar cinta sejati
Tak berpihak pada kita
• Selamat tinggal kisah
Sejatiku
Kumohon pergilah Kasih sampai disini
Kisah kita
Jangan tangisi keadaannya
Bukan Karna kita berbeda
Dengarkan
Dengarkan lagu
Lagu ini
Melodi rintihan hati ini
Kisah kita berakhir dijanuari .....
Lagu yang sering disenandungkan Karin ketika teringat kenangan-kenangan bersama kekasihnya dulu yang berakhir pada 27 Januari 2009. Karin sangat menyayangi kekasihnya itu yang bernama Awan. Dia cowok, teman satu sekolah waktu SMP. Karin mengenal Awan Ketika Karin duduk dikelas VIII. Waktu itu sedang dalam perjalanan karya wisata. Karena tempat duduk Karin dan Awan berdekatan, mereka menjadi berkenalan dan akhirnya kejadian itu menjadi awal kisah cinta mereka.
Mereka jadian pada hari Rabu, 26 Maret 2008 pukul 20:27:24 wib, dan tempatnya dari Hp. Waktu itu mereka baru saja saling mengenal dari kejadian di bus tanggal 20 Maret 2008. Mereka saling tukar cerita, pendapat, lelucon, kata-kata mutiara dan akhirnya mereka saling mengungkapkan perasaannya. Dan akhirnya mereka jadian.
Tiga hari setelah karin jadian dengan Awan, Karin mendapat tugas tempatnya jauh dan waktunya 2 hari satu malam. Karin berangkat pukul 14.00 Wib hari Sabtu, 29 Maret 2008 dan akan pulang hari Ahad, 30 Maret 2008 kira – kira setelah salat dzuhur. Karin sedikit kecewa dengan tugas itu. Seharusnya hari Ahad, 30 Maret 2008 Karin akan pergi dengan Awan namun semua itu gatot alias gagal total.
Awan sangat menyayangi Karin, 5 menit sebelum Karin berangkat, Awan menelfon Karin sudah siap untuk menjalankan tugasnya. Tak lupa pula Awan bertanya dengan siapa Karin akan bernagkat, maklum Awan sangat menyayangi Karin dan tidak mau kalau Karin diambil orang lain.
“Aku baik – baik saja, sayang” Aku berangkat sama teman-teman jawab Karin singkat. Setelah Awan selesai, karin lalu menutup telfonnya dan segera berangkat menuju tujuan.
Karena sangat sayangnya, Awan terus-terusan menanyakan keadaan Karin dan dimana dia sedang berada lewat. Setelah Karin sampai tempat tujuan, Karin sangat kaget ternyata sms dari Awan sudah lebih dari 50. Karin tak sempat membalas semua sms dari Awan karena setelah sampai ditempat tujuan tugas – tugas yang banyak telah menanti Karin untuk diselesaikan. Karin sebagai seksi pelaksana sekaligus sekretaris banyak memakan waktunya untuk konsentrasi menulis, sampai – sampai dia tak mendengar Hpnya berbunyi. Beberapa kali Awan menghubungi Karin, namun tak sekalipun diangkatnya. Berkali – kali sms pun tak ada yang dibalas Karin, karena memang Karin tidak mengetahuinya.
Waktu sholat Magrib tiba, saatnya Karin memandu anak buahnya untuk segera mengambil air wudhu dan segera melakasanakan salat magrib.
Lagi – lagi Karin sibuk dengan pekerjaannya, ia tak sempat memegang Hp. Hati Awan sangat gelisah. Dia terus – terusan menghubungi Karin, namun tak diangkat. Sekali lagi Awan menghubungi Karin, namun saat itu Awan benar – benar gelisah. Hp Karin tidak aktif, Awan mulai berfikir negatif, sampai – sampai dia belum tidur hingga pukul 10 malam.
Namun rasa takut Karin segera hilang ketika mendengar “ tidak apa – apa cintaku” dari mulut Awan. Awan memahami Karin, dia mengetahui betapa sibuknya Karin dan Karin berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Setelah beberapa menit mereka berbicara. Tiba – tiba terdengar suara cowok memanggil-mangilnya nama Karin. Karin mendengar menutup pembicaraan dengan Awan karna tugas Karin berikutnya sudah menanti. Awan berpesan kepada Karin supaya berhati – hati dan cepat istirahat kalau tugasnya sudah selesai, jangan lupa pula makan, Karin” nanti kamu sakit. Pembicaraan selesai.
Kejadian tersebut adalah salah satu dari beberapa kejadian yang dialami karin dan Awan. Pada waktu Karin mengikuti Out Bond di Kaliurang, Karin bertemu dengan adik dari ibunya Awan. Dia sedang dengan pacarnya. Pada saat itu Karin sedang berjalan berempat dengan 2 cewek dan 2 cowok. Teman Karin bernama Novi bersama cowoknya sedangkan Karin berjalan bersama dengan Sandy teman Karin sejak kelas 4 sekolah dasar. Adik dari ibunya Awan mengetahui karin berjalan bersama Sandy, dia berfikir Karin menyelingkuhi Awan, anak kakaknya. Setelah pulang, Dia menceritakan kepada Awan dan Awanpun percaya dengan Karin tidak tau apa alasannya Awan marah Awan hanya berkata “ besok bawa selingkuhanmu di lapangan belakang sekolah!” dan langsung pergi meninggalkan karin.
Karin mengejar sambil menanyakan apa maksudnya Awan berbicara seperti itu. Awan lalu menanyakan siapa cowok yang jalan bersamanya di kaliurang hari minggu kemarin. Karin pun menjawab : Dia Sandy, teman aku sejak kelas 4 SD. Dia hanya teman aku bukan selingkuhanku. Awan tidak percaya dengan kata – kata karin dan tetap meminta Karin membawa ke Lapangan kalau Karin memang tidak berselingkuh.
Karin terus berusaha membujuk sandy supaya dia menjelaskan kepada Awan. Beberapa kali Awan menunggu Sandy di Lapangan tak pernah datang. Awan sangat marah kepada Karin dan mengancam Karin “ Aku akan putus kamu kalau dalam waktu 3 x 24 jam kamu belum bisa bawa Sandy ke Lapangan.” Karin sangat sedih dan dia langsung menemui Sandy. Hari pertama, Sandy tak datang, hari keduapun sama, Sandy juga tak datang. Hari ketiga, Karin menjemput Sandy dirumahnya dan langsung di ajak ke lapangan untuk menjelaskan semuanya kepada Awan. Setelah Awan bertemu Sandy , dia sangat marah dan hampir memukul. Namun semua itu membaik setelah Sandy menjelaskannya. Awan memahami dan akhirnya Awan meminta maaf pada Karin.
Kejadian itu adalah awal dari hilangnya keprecayaan pada Karin. Setelah itu banyak masalah – masalah yang terjadi dan bersyukur semuanya dapat teratasi.
Kejadian Awan marah tanpa sebab terulang lagi pada tanggal 26 Januari 2008. Karin mencoba menanyakan sebab kemarahan Awan namun Awan hanya terdiam dan akhirnya 27 Januari 2008 Awan memutuskan Karin tanpa alasan yang jelas. Dan lagu Januari yang dinyanyikan oleh Glen Fredly adalah lagu kenangan Karin sebagai pertanda bahwa cintanya berakhir dibulan Januari.
Berat bebanku
Meninggalkanmu
Separuh nafas jiwaku sirna
Bukan salahmu
Apa dayaku
Mungkin benar cinta sejati
Tak berpihak pada kita
• Selamat tinggal kisah
Sejatiku
Kumohon pergilah Kasih sampai disini
Kisah kita
Jangan tangisi keadaannya
Bukan Karna kita berbeda
Dengarkan
Dengarkan lagu
Lagu ini
Melodi rintihan hati ini
Kisah kita berakhir dijanuari .....
Lagu yang sering disenandungkan Karin ketika teringat kenangan-kenangan bersama kekasihnya dulu yang berakhir pada 27 Januari 2009. Karin sangat menyayangi kekasihnya itu yang bernama Awan. Dia cowok, teman satu sekolah waktu SMP. Karin mengenal Awan Ketika Karin duduk dikelas VIII. Waktu itu sedang dalam perjalanan karya wisata. Karena tempat duduk Karin dan Awan berdekatan, mereka menjadi berkenalan dan akhirnya kejadian itu menjadi awal kisah cinta mereka.
Mereka jadian pada hari Rabu, 26 Maret 2008 pukul 20:27:24 wib, dan tempatnya dari Hp. Waktu itu mereka baru saja saling mengenal dari kejadian di bus tanggal 20 Maret 2008. Mereka saling tukar cerita, pendapat, lelucon, kata-kata mutiara dan akhirnya mereka saling mengungkapkan perasaannya. Dan akhirnya mereka jadian.
Tiga hari setelah karin jadian dengan Awan, Karin mendapat tugas tempatnya jauh dan waktunya 2 hari satu malam. Karin berangkat pukul 14.00 Wib hari Sabtu, 29 Maret 2008 dan akan pulang hari Ahad, 30 Maret 2008 kira – kira setelah salat dzuhur. Karin sedikit kecewa dengan tugas itu. Seharusnya hari Ahad, 30 Maret 2008 Karin akan pergi dengan Awan namun semua itu gatot alias gagal total.
Awan sangat menyayangi Karin, 5 menit sebelum Karin berangkat, Awan menelfon Karin sudah siap untuk menjalankan tugasnya. Tak lupa pula Awan bertanya dengan siapa Karin akan bernagkat, maklum Awan sangat menyayangi Karin dan tidak mau kalau Karin diambil orang lain.
“Aku baik – baik saja, sayang” Aku berangkat sama teman-teman jawab Karin singkat. Setelah Awan selesai, karin lalu menutup telfonnya dan segera berangkat menuju tujuan.
Karena sangat sayangnya, Awan terus-terusan menanyakan keadaan Karin dan dimana dia sedang berada lewat. Setelah Karin sampai tempat tujuan, Karin sangat kaget ternyata sms dari Awan sudah lebih dari 50. Karin tak sempat membalas semua sms dari Awan karena setelah sampai ditempat tujuan tugas – tugas yang banyak telah menanti Karin untuk diselesaikan. Karin sebagai seksi pelaksana sekaligus sekretaris banyak memakan waktunya untuk konsentrasi menulis, sampai – sampai dia tak mendengar Hpnya berbunyi. Beberapa kali Awan menghubungi Karin, namun tak sekalipun diangkatnya. Berkali – kali sms pun tak ada yang dibalas Karin, karena memang Karin tidak mengetahuinya.
Waktu sholat Magrib tiba, saatnya Karin memandu anak buahnya untuk segera mengambil air wudhu dan segera melakasanakan salat magrib.
Lagi – lagi Karin sibuk dengan pekerjaannya, ia tak sempat memegang Hp. Hati Awan sangat gelisah. Dia terus – terusan menghubungi Karin, namun tak diangkat. Sekali lagi Awan menghubungi Karin, namun saat itu Awan benar – benar gelisah. Hp Karin tidak aktif, Awan mulai berfikir negatif, sampai – sampai dia belum tidur hingga pukul 10 malam.
Namun rasa takut Karin segera hilang ketika mendengar “ tidak apa – apa cintaku” dari mulut Awan. Awan memahami Karin, dia mengetahui betapa sibuknya Karin dan Karin berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Setelah beberapa menit mereka berbicara. Tiba – tiba terdengar suara cowok memanggil-mangilnya nama Karin. Karin mendengar menutup pembicaraan dengan Awan karna tugas Karin berikutnya sudah menanti. Awan berpesan kepada Karin supaya berhati – hati dan cepat istirahat kalau tugasnya sudah selesai, jangan lupa pula makan, Karin” nanti kamu sakit. Pembicaraan selesai.
Kejadian tersebut adalah salah satu dari beberapa kejadian yang dialami karin dan Awan. Pada waktu Karin mengikuti Out Bond di Kaliurang, Karin bertemu dengan adik dari ibunya Awan. Dia sedang dengan pacarnya. Pada saat itu Karin sedang berjalan berempat dengan 2 cewek dan 2 cowok. Teman Karin bernama Novi bersama cowoknya sedangkan Karin berjalan bersama dengan Sandy teman Karin sejak kelas 4 sekolah dasar. Adik dari ibunya Awan mengetahui karin berjalan bersama Sandy, dia berfikir Karin menyelingkuhi Awan, anak kakaknya. Setelah pulang, Dia menceritakan kepada Awan dan Awanpun percaya dengan Karin tidak tau apa alasannya Awan marah Awan hanya berkata “ besok bawa selingkuhanmu di lapangan belakang sekolah!” dan langsung pergi meninggalkan karin.
Karin mengejar sambil menanyakan apa maksudnya Awan berbicara seperti itu. Awan lalu menanyakan siapa cowok yang jalan bersamanya di kaliurang hari minggu kemarin. Karin pun menjawab : Dia Sandy, teman aku sejak kelas 4 SD. Dia hanya teman aku bukan selingkuhanku. Awan tidak percaya dengan kata – kata karin dan tetap meminta Karin membawa ke Lapangan kalau Karin memang tidak berselingkuh.
Karin terus berusaha membujuk sandy supaya dia menjelaskan kepada Awan. Beberapa kali Awan menunggu Sandy di Lapangan tak pernah datang. Awan sangat marah kepada Karin dan mengancam Karin “ Aku akan putus kamu kalau dalam waktu 3 x 24 jam kamu belum bisa bawa Sandy ke Lapangan.” Karin sangat sedih dan dia langsung menemui Sandy. Hari pertama, Sandy tak datang, hari keduapun sama, Sandy juga tak datang. Hari ketiga, Karin menjemput Sandy dirumahnya dan langsung di ajak ke lapangan untuk menjelaskan semuanya kepada Awan. Setelah Awan bertemu Sandy , dia sangat marah dan hampir memukul. Namun semua itu membaik setelah Sandy menjelaskannya. Awan memahami dan akhirnya Awan meminta maaf pada Karin.
Kejadian itu adalah awal dari hilangnya keprecayaan pada Karin. Setelah itu banyak masalah – masalah yang terjadi dan bersyukur semuanya dapat teratasi.
Kejadian Awan marah tanpa sebab terulang lagi pada tanggal 26 Januari 2008. Karin mencoba menanyakan sebab kemarahan Awan namun Awan hanya terdiam dan akhirnya 27 Januari 2008 Awan memutuskan Karin tanpa alasan yang jelas. Dan lagu Januari yang dinyanyikan oleh Glen Fredly adalah lagu kenangan Karin sebagai pertanda bahwa cintanya berakhir dibulan Januari.
Langganan:
Postingan (Atom)